Ancaman Kekerasan dalam Rumah Tangga

Salah satu bentuk ancaman serius dan paling sering dihadapi oleh keluarga adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Kekerasan dalam rumah tangga merupakan perbuatan terhadap seseorang, terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis dan/atau penelantaran rumah tangga, termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkungan keluarga.

Kebanyakan kasus kekerasan dalam rumah tangga banyak yang menjadi korbannya adalah perempuan. Kekerasan dalam rumah tangga bisa disebabkan karena masalah ekonomi, munculnya pihak ketiga, watak yang dimiliki pasangan dan lain sebagainya.

Mengenal Bentuk - bentuk Kekerasan dalam Rumah Tangga

Bentuk KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga) di kelompokkan menjadi empat yaitu Kekerasan Fisik, Kekerasan Psikis, Kekerasan Seksual dan Penelantaran Rumah Tangga. Berikut ini penjelasan tentang bentuk kekerasan dalam rumah tangga.

Kekerasan Fisik

Kekerasan fisik dalam kasus KDRT merupakan perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit, jatuh sakit dan luka berat. 

Kekerasan Psikis (kejiwaan)

Kekerasan psikis (kejiwaan) merupakan perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangkan kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya dan/atau rasa penderitaan jiwa berat kepada seseorang. 

Kekerasan Seksual

Kekerasan seksual merupakan kekerasan yang meliputi pemaksaan hubungan seksual yang dilakukan terhadap orang yang menetap dalam lingkup rumah tangga tersebut, pemaksaan hubungan seksual terhadap salah seorang dalam lingkup rumah tangganya dengan orang lain untuk tujuan komersial dan/atau tujuan tertentu.

Penelantaran Rumah Tangga

Penelantaran rumah tangga merupakan tindakkan meninggalkan tanggung jawab untuk memberikan kehidupan, merawat ayau memelihara orang yang berada dalam tanggungannya.

Itulah sedikit informasi tentang Ancaman Kekerasan dalam Rumah Tangga. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk para penggunjung khususnya yang sudah memiliki keluarga. 

Dikutip dari FONDASI KELUARGA SAKINAH - Bacaan Mandiri Calon Pengantin
Tags : ancaman kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan rumah tangga, kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, penelantaran rumah tangga, ancaman ancaman, KDRT, kekerasan rumah tangga.

0 Response to "Ancaman Kekerasan dalam Rumah Tangga"

Post a comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel